Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki banyak pilihan buah untuk dikonsumsi. Beberapa di antaranya mengandung buah-buahan yang baik untuk wanita hamil dan janin di dalam rahim.

Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi 2 hingga 4 porsi buah per hari. Setiap hidangan terdiri dari buah berukuran sedang atau semangkuk buah yang diiris.

7 jenis buah yang baik untuk wanita hamil

Serat dan nutrisi yang dimiliki banyak buah-buahan, seperti vitamin C, beta karoten, asam folat dan kalium, sangat penting bagi kesehatan wanita hamil dan perkembangan janin.

Berikut beberapa jenis buah yang baik untuk wanita hamil, yang meliputi:

mangga

Semangkuk mangga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C selama sehari. Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin A, yang dibutuhkan untuk mencegah gangguan dan kemudian mengurangi sistem kekebalan tubuh pada bayi.

apel

Serat, vitamin A, vitamin C dan potasium adalah pilar nutrisi apel yang sangat baik untuk wanita hamil. Satu studi menemukan bahwa risiko asma dan alergi lebih rendah pada bayi dari ibu yang makan apel secara teratur selama kehamilan.

pisang

Pisang kaya akan kalium dan dapat menjadi sumber energi cepat bagi wanita hamil. Pisang juga sangat cocok untuk wanita hamil yang sering merasa sakit. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B-6, vitamin C dan serat. Konsumsi pisang dapat dikombinasikan dengan buah-buahan lain atau dengan campuran yogurt.

alpukat

Kandungan utama asam folat dengan kandungan alpukat yang tinggi menjadikannya pilihan buah yang baik untuk wanita hamil. Selain itu, alpukat juga mengandung sejumlah besar vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat dan berbagai zat mineral. Beberapa jenis mineral dapat membantu mengatasi gejala mual atau kram yang sering dialami wanita hamil. Bagi janin, diyakini bahwa buah ini penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

oranye

Banyak jeruk mengandung vitamin C, asam folat, serat dan asupan cairan untuk tubuh, yang membantu mencegah dehidrasi pada wanita hamil. Selain jeruk, lemon bisa menjadi pilihan yang baik untuk wanita hamil. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon lebih banyak dapat membantu meredakan mual dan pada saat yang sama meningkatkan pencernaan pada wanita hamil.

nanas

Bukan karena masyarakat berpikir bahwa nanas berbahaya bagi wanita hamil. Sejauh ini tidak ada bukti ilmiah yang bisa dibuktikan. Nanas itu sendiri mengandung bromelain, yang dalam jumlah besar diperkirakan menyebabkan pendarahan, tetapi bromelain dalam cawan nanas cenderung mengganggu selama kehamilan.

Nanas mengandung sejumlah besar vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, magnesium, dan beberapa nutrisi lain yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada wanita hamil dengan sistem pencernaan yang sensitif.

Buah kering

Secara umum, buah kering memiliki rasa manis. Buah ini sangat praktis untuk wanita hamil. Pilih aprikot atau beri kering yang juga dianggap dapat mencegah infeksi saluran kemih. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang kering karena biasanya mengandung banyak minyak dan lemak.

Yang tidak kalah penting adalah mencuci buah dengan hati-hati. Gosok permukaan buah dengan sikat sebentar di atas air yang mengalir. Konsultasikan dengan dokter Anda jika perlu untuk asupan buah yang baik untuk wanita hamil.

Baca Juga :

Harga Motor Retro Kawasaki Terbaru 2019

Pelajari Struktur Teks Laporan Hasil Observasi dan Pengertian Lengkapnya